Friday, December 3, 2010

SURABAYA Punya TERMINAL BUS PALING CANGGIH di INDONESIA

Sebanyak 18 kamera pemantau (closed-circuit television), papan digital penunjuk jadwal keberangkatan bus, dan kartu pintar (smart card) dipasang pada armada-armada bus. Itulah tanda kecanggihan di Terminal Purabaya, Surabaya.

Terminal ini memang belum ”kinclong”. Lantainya belum diganti pualam, juga tidak ada pusat perbelanjaan seperti di negara maju. Namun, yang terpenting, terminal ini fungsional dan ”wajahnya” semakin ramah dengan teknologi.

Calo, apalagi copet, makin sulit dijumpai, tidak seperti dua tahun silam. Sementara profil pelaku kejahatan telah didokumentasikan. ”Jika pelaku tertangkap kamera, kami langsung usir,” kata Kepala Unit Pengelola Teknis Terminal Purabaya May Ronald, ditemui pekan lalu.

Purabaya atau biasa disebut Terminal Bungurasih terus berbenah. Saat ini dibangun ruang tunggu berlantai dua berukuran 15,5 x 51 meter di sisi timur dari ruang tunggu lama. Nantinya para penumpang tak perlu bertemu awak bus, tetapi langsung menuju pintu-pintu masuk bus melalui jembatan penumpang sesuai jurusan yang dituju.

”Setelah ruang tunggu jadi, awak bus diminta pergi dari Purabaya. Tiada lagi ’calo’ berseragam karena kami akan mendirikan loket perusahaan otobus,” kata Eddi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Bila Anda sering ke terminal, memang tiada yang lebih menyebalkan dari ”calo” berseragam. Sebab, begitu memasuki areal terminal, para ”calo” segera menarik-narik penumpang, mengarahkannya ke bus-bus, yang mungkin tak ingin dinaiki.

Maka, selain ruang tunggu, jalur bus juga ditata secara terintegrasi. Dari 7 jalur bus, segera ditambah menjadi 19 jalur bus. Gedung parkir juga akan dibangun di selatan terminal, menampung sepeda motor di lantai atas dan mobil di lantai bawah.

Namun, tanpa menunggu ruang tunggu dan jalur rampung, terminal ini telah mempersenjatai diri dengan papan digital berukuran besar yang berisi jadwal bus. ”Untuk terminal bus kelas A (kelas terminal tertinggi), fasilitas papan digital baru ada di Purabaya,” kata Eddi.

Papan digital itu, bahkan, tak hanya memuat informasi jam keberangkatan, nomor kendaraan, nama perusahaan, dan nomor jalur, tetapi juga tarif batas atas dan bawah. Jadi, siapa butuh tim pemantau harga tiket? Karena penumpang dapat mengontrol sendiri harga tiketnya.

Menggantikan Terminal Joyoboyo (dekat Kebun Binatang Surabaya) sebagai terminal bus antarkota sejak tahun 1991, Terminal Purabaya kini berkembang sebagai pusat transportasi darat di Jawa Timur.

Namun, revitalisasi Purabaya memang dibutuhkan. Lebaran 2009, misalnya, volume penumpang tertinggi saat mudik mencapai 73.000 orang dan pada arus balik sebanyak 90.000 orang dengan 1.600 bus per rit.

Pemerintah Kota Surabaya memang tak main-main. Dalam lima tahun, dialokasikan dana Rp 50 miliar untuk revitalisasi Purabaya. Tahun 2009 sudah cair Rp 5 miliar dan tahun ini dikucurkan Rp 7,5 miliar.

Konsep Terminal Purabaya juga sangat serius mencontoh Bandara Internasional Incheon di Seoul, Korea Selatan. Lima tahun terakhir, Incheon memang menyabet predikat bandara terbaik di dunia. Dan, menjadi rahasia umum bila puluhan pejabat di republik ini telah hilir-mudik studi banding ke Incheon.

Bagaimana dengan urusan keselamatan di jalan raya? Tak usah khawatir. Tiap bus yang masuk Purabaya dipastikan layak jalan dan berizin trayek. Katakan izin operasi berakhir, maka sirene mesin radio frequency identification—yang memindai kartu pintar—akan langsung ”berteriak” memberikan peringatan.

Pemudik asal Surabaya, Anda boleh bangga dengan Purabaya. Bagaimana dengan pemudik dari kota-kota lain? (KOMPAS)

Pic For Terminal Purabaya

Jadwal Pemberangkatan Digital

Ruang Tunggu

Jalur Penumpang Menuju Bus

Mirip Koridor Busway

Gedung

Design

Design

Ruang Pemantau

Vending Machine

Vending Machine
Seiring dengan dibangunnya terminal Purabaya yang baru ini, moga dibarengi dengan perbaikan jalan Porong biar gak macet-macet melulu. Maju Indonesiaku

IKLAN IKLAN PEMBODOHAN yang ada di INDONESIA

Saya termasuk orang yang suka sekali nonton televisi. terutama iklan-iklannya yang ada-ada saja cukup menarik untuk diperhatikan "kok bisa si creatornya dapet ide gile seperti ntu?" nah pas lag ngaskus, ada thread yang bahas soal iklan yang bikin bodoh, cukup menarik. mari kita simak

1. X*L 14th anniversary versi "I Love Ibu"

Sinopsis :
seorg anak digbrkan lagi loncat2 di dpn sbh rak yg isinya banyak barang, termasuk barang pecah belah, berusaha utk mengambil sbh bola. Sang ibu yg sdg asik nelpon tampak tdk peduli dan hanya sekali memperingati anaknya. Si anak akhirnya mengambil crayon dan buku gbr. Ibu yg msh sibuk dgn HP nya (mungkin dpt telpon dr presiden mknya penting banget kayaknya. Mungkin lho...) hanya membantu buka buku gbr anaknya dgn 1 tangan sambil terus asik ketawa2, tdk peduli pd apa yg dilakukan anaknya. Muncul slogan "nelpon santai...biarkan anak bermain" (atau spt itulah kira2)

Pembodohan : ibu gila! Anak loncat2, bahkan hampir manjat rak berisi barang2, dia cuek aja, sibuk nelpon. Apa yg diharapkab sm iklan ini? Mau menggambarkan kl ibu2 yg cuek sm anaknya krn keasikan nelpon itu baik? Inget gak ada anak nyemplung di air mendidih, jatuh dr lantai atas, ketabrak mobil dll krn ortunya sibuk dgn HP?

2. B!ore

Sinopsis :
seorang cewek yg sebenernya cantik, dgn baju ala grunge (menurut ane sih), bebaju lapis flanel dgn kaus sbg dalaman, celana jeans dan berkacamata tebal, tampak bingung. Ia kemudian memotong rambutnya, mengganti bajunya dgn baju yg lbh "girlie" berwarna pink, copot kacamata (entah pk contact lens ato mendadak jd buta demi gaya). Ia kemudian mandi dgn Biore trus jalan2 dgn teman2nya, tampak bahagia dan tdk lg bingung. Slogannya "senangnya jd diri sendiri"

Pembodohan : slogan yg ironis...di iklan itu digambarin bahwa bergaya grunge, berkacamata tebal, sedikit cuek, itu "gak bagus". Ente, para perempuan, hrs muncul dgn gaya standar yg ngikutin mode, "girlie", baju pink agar diterima dlm pergaulan. Gimana mau jd diri sendiri kl gini?

3. Produk2 perawatan rambut (hampir semuanya!)

Pembodohan :
perhatikan iklan2 perawatan rambut. Ada berapa yg menampilkan perempuan2 berambut keriting? Kalopun ada, berarti ane hrs lbh sering meratiin iklan. Iklan perawatan rambut berkampanye bahwa rambut yg bagus itu adalah rambut lurus. Lalu bagaimana dgn, misalnya, saudari2 kita dr Papua? Apa mereka hrs ngelurusin rambut biar "cantik"?

4. Produk2 perawatan kulit

Pembodohan :
situasinya hampir sama dgn iklan perawatan rambut, iklan2 perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yg cantik itu adalah kulit yg PUTIH. Putihnya pun hrs mulus spt tembok, gak boleh ada titik hitam atau jerawat sebintikpun. Padahal kulit org melayu kan memang tdk ada yg putih tp sawo matang yg berarti COKLAT. Jerawat pun, selama belum jd infeksi dan abses, adalah hal wajar di daerah tropis spt Indonesia. Sama dgn pertanyaan di atas : bagaimana dgn saudari2 dari Papua yg berkulit hitam? Tdk adakah org Papua yg cantik kalau begitu? Atau saudari2 kita yg krn kelainan hormonal berjerawat banyak? Gak cantik kah dia?

Teangin Cap Ba#ak

Sinopsis :
seorg dokter cantik nan ternama sdg memberi kuliah atau ceramah ttg masuk angin. Tiba2 seorg peserta kuliah tampak kuyu dan lemas. Sang dokter langsung memberikan Teangin Cap Badak utk mengobati masuk angin si peserta. Tiba2 org itu, seorg perempuan, bersendawa keras sekali, disambut tawa teman2nya. Iklan ditutup dgn bunyi sendawa lagi.

Pembodohan : sendawa sembarangan, sama dgn kentut, adalah kebiasaan yg menjijikkan. Iklan ini mengkampanyekan bahwa sendawa sembarangan itu bukan hanya normal tp bahkan lucu.

Semua iklan sepeda motor

Pembodohan :
satu hal yg dibanggakan oleh semua iklan motor adalah JAGO NGEBUT. Terlihat dr slogan2nya, ada yg "yg lain makin ketinggalan" atau "***** semakin di depan". Bahkan ada yg pake pembalap internasional sbg model, ada yg digambarkan kl motornya lwt, semua org kocar-kacir, bajunya sobek2, yg bw motor sampe melayang2 saking cptnya ngebut tu motor. Ini scr sadar atau tdk mengajak pengendara motor utk kebut2an, gak tau aturan, nyetir kayak vale***no ro**i lg balapan. Pdhl jalanan di negeri ini gk memungkinkan utk itu. Bukankah lbh baik kalo kampanye tertib lalu lintas aja ya?

Re#ona

Sinopsis :
2 org cewek cakep lg naik mbl. Tiba2 bannya pecah. Mrk turun dr mbl tp bukannya berusaha ganti ban, malah berusaha minta tolong org2 yg lewat dgn cara angkat tangan tinggi2. Cewek yg 1 keteknya hitam. Dia malu2 angkat tangan. Cewek yg lain keteknya putih (dibikin pk potosop). Dia bs angkat tangan dgn sepenuh hati. Akibatnya banyak mbl brenti dan pengemudinya, semuanya laki2, berebut nolong.

Pembodohan : di iklan ini dikampanyekan bahwa cewek gak mesti bisa ganti ban sendiri. Manfaatkanlah kecantikan anda utk minta bantuan, krn semua org ingin membantu cewek cantik (kl jelek, nanti dulu!). Pdhl bukannya kaum perempuan lg sibuk berjuang utk persamaan? Gimana mau bicara persamaan kl ganti ban aja gak bisa?! 

IKLAN SOSIS SHINJO:
kalo biasanya iklan sosis pake org2 berprestasi,kali ini pake shinjo yg cm modal komat kamit tp bisa tenar,trus si shinta hbs ngomong "..berprestasi" dia lgs tripping.parah lagi ini iklan ditaruh di acara anak2.
Pembodohan ,org jadi mikir nggak perlu berbakat utk jd org sukses,ato makan sosis agar bs komat kamit kaya shinjo.terus si shinjo ngajak anak2 kecil utk dugem
 
susu balita merk apa lupa

Dino yang makan sayur apa? brontosaurus
Dino yang makan daging? Trex

DINO YANG MAKAN SEGALA?

PAPASAURUS


Kesimpulannya SUSUNYA BIKIN GOBLOK, PAPANYA DIBILANG DINO 
Just Share, bukan bermaksud menjelek-jelekkan suatu produk.

SIM Indonesia BISA MENJADI SIM Internasional

4 Alasan kenapa SIM indonesia bisa jadi SIM internasional

1.Kondisi jalan di kota-kota di Indonesia sangat parah.Banyak jalan yang berlubang dan rusak,sehingga dibutuhkan skill berkendara yang tinggi untuk meliuk2 melewati lubang-lubang di jalan


bandingkan dengan jalan di luar negeri....mulus bin lempeng,gak ada tantangannya


2.Di Indonesia,terutama di Jakarta.Kita akan sering berhadapan dengan "Raja Jalan" alias metromini dan sodara kandungnya (baca:kopaja) yang suka berhenti sembarangan,belok tanpa sein,ngerem mendadak,ngebut tiba2,balapan di jalan rame seakan2 nkongnya dulu ikut nyumbang tanah bakal bikin itu jalan .Dibutuhkan konsentrasi dan feeling yang tajam guna selamat dari bahaya bis-bis ini


di luar negeri,bis berhenti di halte,dan orang yang mau naik bis,naiknya di halte,jadi gak membahayakan pengendara mobil


3.Macet....makanan sehari2 para pengendara di Indonesia,dibutuhkan kesabaran dan mental baja untuk bisa survive dari cobaan maha dahsyat yang menimpa di setiap pagi dan sore


coba liat di luar negeri,jalannya sepi...sampe bisa buka pasar =))


4.Kontribusi atas kemacetan dan kecelakaan lalin sebagian besar berasal dari para pejalan kaki yang hobinya nyebrang seenaknya.Perlu refleks kelas tinggi untuk menghindari tabrakan dengan para penyebrang gila ini



bandingkan dgn pedestrian luar negeri



Bahkan oarang singapur yang berkunjung ke Medan bilang kaya gini
"Indonesian is a superb driver in the whole world!! even Californian should learn from Indonesian how to grip and drag like that!"
artinya : orang indonesia merupakan pengendara yang luar biasa di seluruh indonesia. bahkan orang california (yang merupakan negara banyak pembalap) harus belajar dari orang indonesia bagaimana menikung dan tancap gas....
 Pantas kalau Komeng menang lawan Lorenzo

The Most Awesome Slow Motion Video

Amazing Biliard In Slow Motion



Water Drop Slow Motion



A Beauty By Nature in Slow Motion



A Water Baloon



Pop Corn Ultra Pop Slow Motion



Lightbulb Explosion in Slow Motion

Isarel Kebakaran, 42 mati

Metrotvnews.com, Alilee: Sebanyak 42
orang tewas dalam kebakaran yang
melanda 650 hektar hutan Carmel di
Galilee, Israel, Kamis (2/12). Lebih dari 12
ribu warga sekitar lokasi kebakaran telah
diungsikan.
Perdana Menteri Israel Benjamin
Netanyahu menyatakan jika Israel telah
mengalami bencana hebat yang belum
pernah dilihat sebelumnya.
Angin yang berhembus kencang membuat
kobaran api semakin cepat menyebar.
Puluhan mobil pemadam kebakaran dan
meriam air milik AU Israel dikerahkan ke
bukit Carmel.
Korban tewas akibat kebakaran berasal
dari petugas keamanan yang berusaha
mengevakuasi tahanan yang ada di
penjara Damun, yang memang berada di
sekitar lokasi kebakaran.
Petugas keamanan yang tewas sebanyak
36 orang. Sebagian tewas terpanggang
dalam bus yang ditumpangi, dan sebagian
lagi tewas saat mencoba menyelamatkan
diri. Bahkan beberapa orang diantaranya
belum ditemukan.
Meski belum diketahui penyebab pasti
kebakaran, dugaan sementara mengacu
pada pembakaran sampah yang secara
tak sengaja dilakukan di area tersebut.
(Reuters/ICH)

Thursday, December 2, 2010

Bayi Kuda Nil di Adopsi Kura-Kura (Unik)

Prihatin sekali melihat keadaan masyarakat yang hidup di jaman ini. terutama muda-mudinya. banyak dari kita yang mengkotak-kotakan diri dan susah atau tidak mau bersosialisasi (dalam kehidupan sebenarnya tidak melalui dunia maya). Berita di televisi selalu menayangkan tentang hal2 buruk yang setiap harinya terjadi. mulai dari demonstrasi yang bersifat anarkis, tawuran pelajar, rusuh suporter sepak bola, rusuh antar etnis, bahkan yang paling mengerikan pembunuhan. Tampak dimana nyawa tidak ada harganya. Tidak heran bencana bertubi-tubi menimpa negeri ini. Bukan saatnya saling menyalahkan. tapi sudah saatnya kita merubah diri dan hijraj menjadi manusia yang lebih baik. berikut ini ada sebuah fenomena yang menurut saya aneh, tapi bisa dijadikan motivasi untuk kita agar bisa perduli dan membantu sesama. cekidot!

Bayi kuda nil yang selamat dari gelombang tsunami di pantai Kenya telah membentuk ikatan yang kuat dengan seekor kura-kura raksasa bernama Mzee berusia seabad, di fasilitas hewan di kota pelabuhan Mombassa, kata para pejabat setempat.

Kuda nil, dijuluki Owen dan berat sekitar 300 kilogram (650 pon), tersapu ke Sungai Sabaki ke Samudera Hindia, kemudian terpaksa kembali ke pantai ketika gelombang tsunami menghantam pantai Kenya pada tanggal 26 Desember sebelum penjaga satwa menyelamatkannya. "Ini luar biasa. kurang dari satu tahun kura-kura telah mengadopsi kuda nil, kura-kura itu berusia sekitar satu abad, dan kura-kura itu sangat bahagia dengan menjadi seorang 'ibu'," kata Paula ekologiwan Kahumbu, yang bertanggung jawab atas Lafarge Park, kepada AFP.

"Setelah disapu tsunami dan kehilangan induknya, kuda nil itu trauma. Hal itu membuatnya mencari sosok untuk menjadi seorang ibu. Untungnya kuda nil itu menemukan kura-kura dan membentuk ikatan batin yang kuat. Mereka berenang, makan dan tidur bersama," kata ekologi menambahkan. "Kuda nil mengikuti persis kura-kura layaknya mengikuti induknya. Jika seseorang mendekati kura-kura, kuda nil menjadi agresif, seolah-olah melindungi ibu biologisnya," tambah Kahumbu.

"Owen si kuda nil adalah seorang bayi, ia ditinggalkan di usia yang sangat muda dan baru beradaptasi dengan alam, kuda nil adalah makhluk sosial yang suka tinggal bersama ibu mereka selama empat tahun," jelasnya.









Hewan saja bisa saling menyayangi, Manusia pasti bisa lebih mengasihi

Rojkind Arquitectos : National Archive Museum - palacio de lecumberri

MERANCANG BANGUNAN BARU dengan EKSISTING BANGUNAN BERSEJARAH
tugas mata kuliah Pelestarian Arsitektur

Jika kita bicara mengenai pelestarian arsitektur di Indonesia, selalu terkendala dengan yang namanya "cost" dan paradigma pola pikir kita yang menganggap barang lama sudah "out date" dan masyarakat lebih menyukai hal-hal yang berbau "brand new". So, banyak gedung-gedung lama bersejarah tidak terawat (kalaupun terawat dijadikan wisata mistis) bahkan di demolisi untuk diganti yang baru. mungkin banyak juga yang tetap dipakai dan dirubah fungsinya menjadi FO (factory Outlet), namun banyak elemen bangunannya yang dirubah secara ekstrim sehingga aspek sejarahnya hilang.
Pelestarian arsitektur di Indonesia tidak akan berjalan dengan baik jika pemerintah masih saja tidak tegas terhadap bangunan-bangunan bersejarah yang ada di daerah konservasi. namun pemerintah juga harus memberi kompensasi yang sepadan untuk pemilik bangunan. kalau tidak, tetap saja bangunan lama tersebut akan berubah. karena kebanyakan pemilik bangunan berpikir " buat apa bangunan lama dipertahankan? lebih baik dihancurkan dijadikan FO atau Mall bisa dapat untung lebih banyak". Padahal kalau kita mau, bangunan-bangunan tua yang ada di Indonesia ini bisa meningkatkan potensi wisata yang ada. seperti di Prague (Chezch Republic), Luang Prabang (Laos) yang oleh UNESCO dijadikan heritage city dunia karena kondisi bangunan tuanya yang masih terawat dengan baik, Venesia (Italy) dan sebagainya.
 Intinya kalau negeri ini memang ingin melestarikan bangunan tuanya, yang harus diatur dengan baik adalah POLA PIKIR masyarakat, regulasi, lalu UANG. sebagai penutup, berikut ini ada contoh bentuk pelestarian arsitektur di Mexico dengan menambahkan bangunan baru pada bangunan lama. cekidot!

'lecumberri national archive museum' by rojkind arquitectos in mexico city
all images courtesy rojkind arquitectos
 mexico-based practice rojkind arquitectos has sent us their design proposal for the country's
national archive museum which is housed in the palacio de lecumberri, a former prison in
mexico city. since its inception in 1882, the prison has gone through a number of expansion
and transformation, resulting in a structure similar to an old canvas that has been painted
over and over again. the proposal aims to restore the building in a manner that is largely
true to the idea of its vanguard prison origin, while still bringing in new elements that would
provide for the new cultural and research facility. 

view from green terrace
the design proposes to restore some of the original dimensions of the building and bring back
a 19th century prison layout concept that lorenzo de la hidalga originally proposed in 1882:
the panopticon. the concept refers to a radial layout of the cells which allows the observer to
look out at the prisoners without the latter being able to tell whether they are being watched or not.
usually consisting of a central tower or control station, the design utilizes this advantageous
point to provide the visitors with a clear outline site of the history of mexican society,
keeping the most evocative spaces free from distractions.

view of central space
the heart of the museum acts as the collective hub for the circulation of the project.
featuring ramps and connections to the rest of the building, it remains open to the exterior,
acting as an exposed atrium space with sightlines to different levels and activities throughout.
the programs and facilities of the museum are housed in the residual spaces, leaving the
star-shaped concourse for circulation purposes while allowing for a clear reading of the original building.

central space

view of museum

museum courtyard

view of physical and digital reference hall

view of document research hall
bird's eye at night

rendered top view

conceptual board
illustrating the evolution of the building

project phasing

building program: ground floor

building program: basement level

ground floor plan

basement floor plan

(left) ground floor plan of entrance
(center) basement floor plan level -2.80
(right) basement floor plan level -7.80

(1) reference and digital consultation hall
(2) children's archives, center for history education
(3) cafeteria
(4) b0ook store
(5) restrooms
(6) mixed spaces
(7) auditorium
(8) library
(9) connections


document exhibit area

long building section

museum component section

physical model
 project info:

design principal: michel rojkind halpert
printipal: gerardo salinas van orman
project team: alonso de la fuente obregón, rafael cedillo sánchez,
daniela bustamante quiroz, yasser r. salomón espinoza,
alejandro argumedo reyes, carlos a. ríos limón, tere levy chomer,
andrea león cruz, monique rojkind halpert, filiberta cervantes sanluis
architectural historian consultant: rafael ricardo fierro gossman
museography consultant: patrick gallagher
urban planner: arturo ortíz struck
design computational consultants: (kokkugia) roland snooks,
robert stuart smith, faysal tabbara tyson hosmer
structural engineer: (studio NYL) chris o'hara, julian lineham
physical model: a. hazael ortiz ramos, crystaline l.a.
industrial design: (agent) alberto villareal bello, víctor lópez alemán,
isaac smeke jaber, enrique fernández de la barrera
graphic design: fhilipp navarro garcía, ernesto moncada


Dari preview di atas diketahui bahwa museum ini akan dibangun di tapak dimana terdapat bangunan eksisting bangunan cagar budaya yang memiliki nilai konservasi 1. Bangunan baru (museum)  yang dihadirkan dalam satu kompleks dengan bangunan eksisting adalah bangunan sisipan atau yang disebut sebagai insertion.  Hal- hal yang perlu diperhatikan adalah bangunan baru harus memperkuat dan meningkatkan karakter lingkungan dan memelihara pola-pola visual setempat.
 Jika kita mengacu pada Norman Tyler dalam bukunya Historic Preservation, Museum Arsip Nasional ini menggunakan pendekatan perancangan compatible contras . Bangunan insertion-nya berada di dalam bangunan lama yang merupakan bangunan kosevasi dimana fasad harus diperlihatkan agar terlihat sisi sejarahnya. Pada perancangan ini gubahan masa disesuaikan dengan bangunan lama, namun komposisi hubungannya dibuat kontras.
Elemen yang dipertahankan material dan bentuk bangunan penjara serta konsep rotunda. Sedangkan relasi antara bangunan lama-baru adalah bentuk dan pola radial. Tinggi bangunan menyesuaikan dengan tinggi bangunan rata-rata. Untuk sempadan bangunan,  degradasi bangunannya sama dengan bangunan eksisting disekitarnya. Bentuk figure ground tidak jauh berbeda dengan bangunan eksisting lama.
Untuk tampilan bangunannya, museum ini menggunakan material yang berbeda dari bangunan eksisting dan bangunan sekitar hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan fungsi yang berbeda dari sebelumnya dimana dulunya berfungsi sebagai penjara, dan sekarang menjadi museum dan pusat penelitian, serta merepresentasikan arsitektur kekinian. Terutama pada bagian ruang utama/pusat. Sedangkan pada bagian physical and digital reference hall dan document research hall beberapa material lama tetap dipertahankan karena bangunan lama tidak dihancurkan.
Dari pembahasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, ada banyak cara untuk merancang bangunan baru di kawasan konservasi. Dengan menambah bangunan baru bukan berarti kita harus merancang bangunan yang sama persis untuk bisa dikatakan kontekstual terhadap lingkungan. Kita tetap bisa merancang bangunan yang memiliki sifat kekinian namun masih kontekstual dengan lingkungan.
Dengan menambahkan bangunan baru y dan tidak menghancurkan bangunan lama akan menambah  kekayaan langgam arsitektur di lingkungan tersebut. Hal tersebut juga mennunjukkan bahwa bangunan baru bisa selaras dengan bangunan lama. Selain itu dengan adanya bangunan baru dan fungsi baru pula akan meningkatkan fungsi dari bangunan lama yang ada. Jika sebelumnya bangunan lama tersebut hanya sebagai monumen belaka, dengan adanya bangunan baru dan fungsi baru didalamnya bangunan lama tersebut kembali memiliki aktifitas.