Saturday, December 18, 2010

Kita Adalah Apa Yang Kita Pikirkan

Menarik ketika dua minggu lalu di kelas saat kuliah dosen bertanya pada saya

"Luqman, apa motivasimu datang mengikuti kuliah saya pagi ini?"

tanpa ragu saya menjawab,

"Sejujurnya tidak ada Bu, kebetulan hari ini saya ada janji dengan teman saya di kampus, berhubung saya ada jadwal kuliah apa salahnya saya ikut kuliah?"

seisi kelas langsung tertawa mendengar jawaban saya (termasuk dosen saya tentunya)
lalu, dosen saya bertanya kembali pada semua mahasiswa.

"Yang lain bagaimana, apa sama dengan Luqman?"
dan celakanya teman - teman menjawab
"Sama Bu"
Mendengar jawaban tersebut, Dosen saya memutuskan untuk menunda kuliah hingga hari berikutnya sampai kami punya Motivasi.

Lalu saya berpikir, sebegitu pentingkah motivasi? bahkan di blog saya ini, posting terpopuler adalah yang berjudul "12 Kata Motivasi Terbaik". apa mungkin banyak orang yang kesusahan dan putus asa saat ini?. Mungkin juga, melihat keadaan negara kita yang jauh dari sebutan ideal (Korupsi Merajalela, Kemiskinan, Bencana Alam, Demonstrasi, dan sebagainya) sehingga berdampak pada tingkat stress seseorang. Tapi apakah hal tersebut bisa dijadikan alasan? hmm...Saya rasa tidak (Bikin pertanyaan dijawab sendiri, he9).
Menurut saya motivasi sangat-sangat diperlukan untuk menjalani hidup ini. Jika kita sudah tidak punya motivasi, kita hanya akan membebani ranjang dan kasur kita dengan badan kita, Tanpa motivasi beban listrik akan bertambah dengan seringnya kita bermalas-malasan didepan televisi, tanpa motivasi kita hanya bisa menyalahkan orang lain atas nasib kita. Berikut ini ada beberapa hal (Tips dari saya tentunya) yang InsyaAllah bisa membuat kita termotivasi untuk menjalani hidup lebih baik.

  1. Takut Kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT                                                                                Jika kita sudah benar-benar takut kepada Allah SWT, pastinya kita hanya akan melakukan hal-hal yang baik / kebaikan dalam hidup ini
  2. Mengingat Kematian                                                                                                             bayangkan kalau besok atau beberapa menit lagi kta akan menemui ajal kita, pastinya kita akan melakukan hal-hal yang berguna (kebaikan) untuk bekal kehidupan di akhirat kelak
  3. Mengingat Orang Tua                                                                                                                   Tertutama untuk mahasiswa yang kuliah jauh dari pantauan orang tua. Orang tua kita hanya tahu kita kuliah untuk menuntut ilmu, Beliau rela mengorbarkan harta benda dan berdoa agar kita bisa terus kuliah. jadikan kebaikan orang tua kita sebagai motivasi untuk membalas kebaikan mereka. paling tidak dengan nilai / IP yang membanggakan.
  4. Kita Adalah Pembuat Sejarah                                                                                                    Sekecil apapun peran kita di dunia, kita berkontribusi dalam perjalanan sejarah ini. So, sebarkanlah sejarah-sejarah yang baik. jadikan apa yang kita lakukan ini sebagai pedoman yang baik bagi penerus kita kelak. jangan sampai kita menjadi contoh yang buruk seperti Firaun atau Hitler.
  5. Katakan Saya Bisa!
sebarkan terus kalimat postif, dan katakan Saya Bisa selamat bergabung dengan Kesuksesan

No comments:

Post a Comment