Saturday, November 20, 2010

Gedung Sekolah di Indonesia dan Evelyn Grace Academy Karya Zaha Hadid Architects




Banyakorang bilang pendidikan adalah hal yang utama untuk seorang anak bisa menjadi sukses kelak. hal itu benar adanya. Pendidikan bisa dilakukan dimana saja. dirumah bersama orang tua, di lembaga bimbingan belajar bersam guru les, di sekolah, di masjid, bahkan dari alam sekalipun. namun tidak semua anak bisa mendapatkannya. untuk itulah pemerintah dengan kementrian pendidikannya wajib menyediakan sarana dan prasaran pendidikan sesuai yang dijanjikan oleh Undang-undang. Lalu apakah hal tersebut sudah dipenuhi? (baik oleh pemerintah maupun masyarakat termasuk saya tentunya?) Berhubung negeri ini masih berstatus "negara berkembang" (dimana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sja susah), banyak orang tua yang menyerahkan sepenuhnya pendidikan anaknya terhadap sekolah. Bagaimana kondisi sekolah di Indonesia? (Yang saya tahu, program pendidikan sembilan tahun "katanya gratis", kalau mau sekolah yang bagus dengan guru yang berkualitas tidak murah bahkan untuk sekolah taman kanak-kanak saja pendaftarannya ada yang sampai delapan Juta!! bagaiman dengan anak-anak di foto ini? bisakah mereka mendapat pendidikan berkualitas dengan label sekolah gratis??)


Kalaupun memang gratis, bagaiman kondisi sekolah mereka (lihat gambar sekolah diatas! itu masih belum seberapa) ?? mengenaskan bukan?? Tentunya ini menjadi PR bagi kita semua untuk bisa memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak indonesia.
Mari kita tengok kondisi gedung sekolah di slah satu sekolah di Inggris karya Zaha Hadid berikut ini. Mungkin kita akan bertanya-tanya kapan ada sekolah seperti ini di Indonesia?? jawabannya tergantung kita, apakah kita mau atau tidak? itu saja.






No comments:

Post a Comment